AXA Tower Lt.23
Kuningan Jakse, IN 360001
FAST RESPONE
0812 9089 4292
EMAIL
support@mahadanatrade.com

Objek Perdagangan

3.1. Objek Perdagangan

Dalam hal ini, objek perdagangannya masih sama, yaitu uang. Namun yang Anda transaksikan disini adalah kontrak berdasarkan nilai dari suatu mata uang. Apakah sedikit membingungkan?

Tidak perlu bingung, nanti akan ada penjelasan lebih jauh mengenai hal ini. Namun secara sederhana, ketika Anda melakukan transaksi di suatu mata uang tertentu – maka seolah-olah Anda sedang membeli “saham” negara tersebut.

Pergerakan nilai mata uang negara tersebut merupakan gambaran tidak langsung dari sentimen pasar terhadap perekonomian negara tersebut.

Ada beberapa mata uang yang disebut dengan “major currency”. Mereka adalah mata uang dari negara-negara maju dan ditransaksikan secara luas di pasar uang dunia.

Berikut adalah tabel dari daftar mata uang yang termasuk dalam major currency.

Negara Simbol (Mata Uang) Nickname
Amerika Serikat USD (Dollar) Greenback
Anggota zona euro EUR (Euro) Fiber
Jepang JPY (Yen) Yen
Inggris GBP (Poundsterling) Cable
Swiss CHF (Franc) Swissy
Kanada CAD (Dollar) Loonie
Australia AUD (Dollar) Aussie
New Zealand NZD (Dollar) Kiwi

Secara internasional, simbol mata uang terdiri atas tiga huruf.

Dua huruf pertama merupakan identitas dari negara asal mata uang tersebut, biasanya merupakan inisial negara tersebut. Huruf yang ketiga merupakan inisial dari nama mata uangnya.

Misal, contohnya adalah USD.

Dua huruf pertama (US) merupakan inisial dari nama negara United States (Amerika Serikat). Kemudian diikuti huruf ketiga yang merupakan nama dari mata uang negaranya yaitu Dollar.

Namun yang unik adalah CHF, simbol dari mata uang Swiss franc.

CH merupakan inisial dari Confoederatio Helvetica yang merupakan nama latin dari Konfederasi Swiss, sedangkan huruf F-nya adalah inisial mata uangnya, yaitu franc.